Kadin Tasik Superadmin | 2020-10-01

H Abun Bunyamin SE Terpilih Jadi Ketua Kadin 2021-2026

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Tasikmalaya sukses menyelenggarakan Musyawarah Kota Tasikmalaya (Mukota) IV untuk periode 2021-2026 di Hotel Santika Tasikmalaya, Kamis (19/8/2021).

Hasil Mukota IV Kadin Kota Tasikmalaya dari total 107 suara, H Abun Bunyamin SE berhasil unggul, dengan mendapatkan 55 suara, sehingga menjadi Ketua Terpilih Kadin Kota Tasikmalaya periode 2021-2026. Calon lainnya, Hj Susy Susanti SE MM mendapatkan 52 suara.

Ketua Terpilih Kadin Kota Tasikmalaya 2021-2026 H Abun Bunyamin SE mengatakan, amanah ini akan dipegangnya dan berupaya meningkatkan ekonomi di tengah pandemi sesuai tema Mukota IV Kadin Kota Tasikmalaya yaitu Sinergitas Dunia Usaha dalam Upaya Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19.

“Program terdekatnya, karena Kota Tasikmalaya banyak pengusaha terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), saya akan melakukan kolaborasi antar pengusaha kecil, menengah, dan besar agar masuk ke Kadin Kota Tasikmalaya,” katanya.

Hal itu sebagai salah satu strategi dalam pemulihan ekonomi daerah Kota Tasikmalaya di tengah pandemi. Supaya, lanjutnya, ketika pengusaha yang besar membantu pengusaha kecil, bisa memajukan dunia usaha Kota Tasikmalaya. 

“Artinya harus bersama-sama untuk memajukan Kota Tasikmalaya terlebih pada saat pandemi Covid-19,” ujarnya. Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan terus meng-update data pengusaha agar keanggotaan terus bertambah. Kini anggota Kadin ada 107 pengusaha. 

“Dengan cara sosialisasi kepada setiap para pengusaha, agar mereka bisa masuk Kadin. Tujuannya untuk membantu peningkatan ekonomi sesuai dengan bidang usahanya masing-masing,” katanya. 

Karena Kadin adalah organisasi para pengusaha yang harus kolektif kolegial, otomatis ketika ada tantangan harus saling menyelesaikan bersama-sama. 

Ia mengatakan, Kadin Kota Tasikmalaya memiliki pekerjaan rumah yaitu bagaimana menyelesaikan kemiskinan tertinggi di Jawa Barat dan ditambah keadaan pandemi Covid-19 yang melumpuhkan kegiatan perekonomian. 

“Kita tetap optimis dan terus berusaha bersama Kadin dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya agar bisa memulihkan ekonomi dan menurunkan kemiskinan,” ujarnya. 

Ketua Kadin Kota Tasikmalaya Periode 2006-2021 Deni Yunizar mendorong generasi muda untuk melanjutkan program-program strategis, tentunya harus lebih baik dari kepengurusan Kadin sebelumnya. 

“Saya memberikan kesempatan generasi muda untuk memajukan Kota Tasikmalaya dengan cara kreatif dan inovatif. Dengan begitu membantu Kota Tasikmalaya untuk keluar dari kesulitan ekonomi,” katanya. 

Ia pun berpesan, kepada pengurus baru Kadin Kota Tasikmalaya agar terus melakukan pendampingan kepada para UMKM naik kelas dan bisa menjadi mandiri. 

“Usaha Kadin Kota Tasikmalaya untuk bisa terus mendampingi UMKM, dengan cara merawat kerja sama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Bank Indonesia, Otoritas Jasa keuangan dan lainnya,” ujarnya. 
Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Barat H Cucu Sutara memberikan apresiasi kepada Ketua Terpilih Kadin Kota Tasikmalaya periode 2021-2026. Ia berpesan agar pengurus baru bisa tanggung jawab dan amanah. 
Lanjutnya, pada masa pandemi Covid-19 pengusaha saat ini sedang “sakit” seperti sektor perhotelan, pariwisata dan lainnya. Untuk itu, Kadin Kota Tasikmalaya harus selalu melayani dan menjembatani para pengusaha. “Ketua Kadin harus selalu melayani dan membantu para pengusaha agar tangguh di masa pandemi Covid-19,” ujarnya. 

Kemudian, ia berpesan, agar Kadin Kota Tasikmalaya memiliki hubungan mitra strategis dengan pemerintah. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Sinergitas dan koordinasi dengan pemerintah perlu sehingga memberikan manfaat bagi peningkatan derajat masyarakat,” katanya. 

Mantan Wakil Ketua Bidang Pertanian Kadin Kota Tasikmalaya Mumu Nuryaman ingin terus membantu program kepengurusan baru Kadin Kota Tasikmalaya. Tentunya dalam menyejahterakan para petani Kota Tasikmalaya di tengah pandemi Covid-19. 

“Saya akan menggenjot agar petani bisa memiliki wirausaha baru. Dengan melatih 300 orang agar mahir budidaya hingga menjadi olahan makanan,” ujarnya. 

Selanjutnya, ia ingin mengubah pola pikir petani, ketika panen hasilnya tidak mesti ke pasar. Tetapi bisa menjualnya dengan sistem online dan bentuknya dengan wisata memetik buah. 

Asisten Daerah (Asda) II Setda Kota Tasikmalaya H Kuswa Wardana mewakili Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf menyampaikan, adanya Kadin Kota Tasikmalaya membantu peningkatan sumber daya manusia yang terampil dan profesional. 

Oleh karenanya dengan terpilihnya Ketua Kadin Kota Tasikmalaya baru dapat terus bersinergi dengan pemerintah guna pembangunan Kota Tasikmalaya. 

“Terlebih pada masa pandemi Covid-19 kita harus bersinergi untuk memecahkan bersama beberapa tantangan. Arahnya pada pertumbuhan ekonomi di sini, segera ditangani,” ujarnya.

Berita Terkait