Kadin Tasik Superadmin | 2020-10-01

Ketum Kadin Lantik Hotasi Nababan Jadi DE Kadin Indonesia

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid melantik Hotasi Nababan sebagai Direktur Eksekutif (DE) Kadin Indonesia dalam periode periode kepengurusan 2001-2006, Senin (18/10/2021).

DE yang baru dilantik diharapkan dapat memimpin sekretariat Kadin Indonesia, sebagai motor penggerak organisasi dengan menjalankan tugas sesuai dengan kebijakan dan program kerja yang telah ditetapkan, serta menjalankan tujuan Kadin yang inklusif dan kolaboratif.

"Kadin yang inklusif, dalam artian Kadin adalah rumah pengusaha, baik mikro, kecil, menengah dan besar. Inklusif juga diartikan semua industri yang ada di Indonesia menjadi bagian Kadin, bekerjasama dengan organisasi lain. Demikian juga kolaboratif, yakni menjalin kemitraan dimana Kadin adalah strategic partner pemerintah. Kolaborasi juga harus dilakukan dengan stakeholder Kadin," terang Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid (18/10/2021).

Ke depan, sekretariat diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas dan adaptif terhadap perkembangan industri 4.0 dan digitalisasi. Ini juga yang disuarakan Kadin kepada perusahaan-perusahaan. 

"Sekretariat harus melakukan transformasi, karena proses perubahan harus dihadapi apalagi di saat normal baru seperti sekarang ini yang menuntut semua untuk beradaptasi," kata dia.

Direktur Eksekutif Kadin Indonesia, Hotasi Nababan menilai bahwa Kadin Indonesia merupakan organisasi yang besar, memiliki banyak program dengan begitu banyaknya Dewan Pengurus dan anggota.

"Kecepatan pelayanan menjadi kunci dan ini menjadi tantangan khusus bagi sekretariat," kata Hotasi.

Menurutnya, dunia usaha perlu berada dalam satu kapal yang sama dengan dipimpin oleh satu kapten yang sama untuk mencapai tujuan, meski diterpa angin yang bisa menjadi tantangan ataupun peluang.

"Di aviasi, untuk terbang itu memerlukan angin dari arah depan untuk take off, demikian juga dengan layar di laut yang memerlukan angin agar kapal berjalan dengan cepat," kata Hotasi.

Dalam kaitan itu, dia menyatakan dukungannya kepada pimpinan Dewan Pengurus dan Ketua Umum untuk mengarahkan kapal besar Kadin ke tujuannya.

Kepada sekretariat, dirinya juga menghimbau untuk dapat menerapkan industri 4.0 dan yang menjadi program utamanya adalah digitalisasi di lingkup sekretaraiat.

Berita Terkait